Editorial Policies

Focus and Scope

JREM diterbitkan oleh Ikatan Sarjana Ekonomi secara berkala (setiap enam bulan) yaitu setiap bulan Juni, dan Desember, dengan tujuan untuk menyebarluaskan hasil penelitian, di bidang ekonomi dan manajemen.Artikel yang dipublikasi dalam JREM berupa artikel penelitian.JREM memiliki ISSN no. 1412 –1824 dan E-ISSN no. 2443 –1265

 

Section Policies

Articles

Checked Open Submissions Checked Indexed Checked Peer Reviewed
 

Peer Review Process

Artikel yang dinyatakan lolos dari penilaian awal oleh dewan editor akan dikirim kepada reviewer untuk ditelaah kelayakan terbit melalui proses blind reviewReviewer tidak akan mengetahui nama penulis atau sebaliknya. Hasil blind review akan menyatakan:

  1. Artikel dapat dipublikasi tanpa revisi.
  2. Artikel dapat dipublikasi dengan perbaikan format dan bahasa yang dilakukan oleh dewan editor dan reviewer. Perbaikan cukup dilakukan pada proses penyuntingan.
  3. Artikel dapat dipublikasi, tetapi penulis harus memperbaiki terlebih dahulu sesuai dengan saran  dewan editor dan reviewer.
  4. Artikel tidak dapat dipublikasi.

 

Publication Frequency

Jurnal Ekonomi Dan Manajemen terbit 2 kali dalam satu tahun yaitu Periode Januari s/d Juni dan Periode Juli s/d Desember.

 

Open Access Policy

Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen (JREM) memberikan akses (keterbukaan) atas artikel yang dimuat sesuai prinsip penelitian yang secara bebas disediakan bagi masyarakat guna mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Etika Publikasi

Etika Publikasi Ilmiah JURNAL RISET EKONOMI DAN MANAJEMEN (JREM)

 

JREM diterbitkan oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia yang   terbit pertama kali  pada tahun 2001, mempublikasikan artikel – artikel riset di bidang ekonomi dan manajemen. JREM diterbitkan dua kali dalam setahun , yaitu setiap bulan Juni, dan Desember.

Etika publikasi ini merupaka pernyataan kode etik bagi para pihak yang terlibat dalam proses publikasi jurnal ilmiah JREM yaitu editorial tim, reviewer, dan penulis (author). Inti etika publikasi ini mencakup tiga nilai etika publikasi, yaitu(1) Netral, artinya bebas dari konflik kepentingan dalam pengelolaan publikasi (2) Adil, yakni memberikan hak publikasi kepada yang berhak dipublikasikan (3) Jujur, yakni bebas dari plagiarisme atas artikel yang dipublikasikan.

 

Tanggung Jawab Penerbit

  1. Penerbit  Jurnalyaitu JREM bertanggungjawab menerbitkan naskah yang setelah melalui proses  editing, review, dan layout sesuai dengan  aturan penerbitan JREM.
  2. Penerbit  JurnalJREM bertanggungjawab menjamin kebebasan akademik bagi para editor dan reviewer dalam menjalankan tugasnya masing-masing.
  3. Penerbit Jurnal JREM bertanggungjawab menjaga privasi  dan kebebasan editorial.

 

Tanggung Jawab Editor

  1. Editor Jurnal JREM bertanggungjawab dalam memutuskan naskah yang layak dipublikasikan melalui rapat dewan editor yang mengacu pada kebijakan editorial. Sementara untuk mendeteksi plagiarisme, selain kepada penulis diminta membuat surat pernyataan bebas plagiarism, juga dilakukan pengecekan melalui software anti plagiarisma.
  2. Dalam proses telaah dan penerimaan artikel, editor  berasaskan pada asas kesamaan perilaku dalam pengambilan keputusan untuk mempublikasikan naskah dengan tidak membedakan rass, jenis kelamin, agama, etnis, kewarganegaraan atau idiologi politik dari penulis.
  3. Editorial dan tim editor tidak akan memberitahukan kepada penulis tentang siapa yang menelaah kelayakan terbit dan sebaliknya nya (blind review).
  4. Naskah yang tidak diterbitkan tidak akan digunakan oleh Editor JREM untuk kepentingannya sendiri dan akan dikembalikan langsung kepada penulisnya.

 

Tanggung jawab reviewer 

Reviewer membantu editor dalam membuat keputusan editorial terhadap artikel yang masuk

  1. Reviewer bertanggungjawab terhadap rekomendasi artikel  yang ditelaahnya.
  2. Telaah artikel  dilakukan secara blind review dan obyektif dan didukung oleh argumentasi yang jelas.
  3. Reviewer bertanggungjawab terhadap kutipan, referensi artikel yang ditelaahnya.
  4. Reviewer harus selalu menjaga kerahasiaan informasi dan tidak menggunakan informasi dari artikel yang ditelaahnya untuk kepentingan sendiri,

 

Tanggung jawab Penulis

  1. Penulis menyajikan artikel  penelitian secara jelas, jujur, dan tanpa plagiarism.
  2. Penulis harus menunjukkan rujukan dari pendapat dan karya orang lain yang dikutip.
  3. Penulis bertanggungjawab atas konfirmasi yang diajukan atas artikel  yang telah ditulis.secara
  4. Penulis harus menulis artikel secara etis, jujur, dan bertanggungjawab, sesuai dengan peraturan penulisan ilmiah yang berlaku.
  5. Penulis tidak keberatan jika artikel mengalami penyuntingan oleh editor dan reviewer tanpa mengubah substansi