Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

KEBIJAKAN PENULISAN

Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia menerbitkan Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen (JREM) dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas keilmuan, serta menyalurkan minat berbagi dengan menyebarluaskan pengetahuan bagi para akademisi, mahasiswa dan praktisi serta pemerhati ilmu dan praktik di bidang ekonomi dan manajemen. Redaksi menerima artikel hasil penelitian yang berkaitan dengan ilmu ekonomi dan manajemen.JREM terbit dua kali setahun, yaitu Juni) dan Desember.

Artikel yang dimuat telah melalui tahap seleksi yang dilakukan secara blind review.Sebelum seleksi secara blind review, maka dilakukanchecking plagiarism melalui software anti-plagiarism.Kriteria seleksi meliputi kesesuaian penulisan dengan pedoman penulisan (gaya selingkung) JREM, kelayakan topik/bahasan, relevansi metode riset yang digunakan, signifikansi kontribusi terhadap pengembangan ilmu dan profesi yang berkaitan dengan ilmu ekonomi dan manajemen, serta kekinian rujukan. Review atau penyuntingan dilakukan oleh dewan editor maupun mitra bestari (reviewer).

Pelaksanaan penerimaan artikel maupun proses review atau penyuntingan sampai dengan disetujuinya artikel dilakukan secara open journal system. Dengan demikian penulis dan periset yang memasukkan artikelnya dapat memonitor alur dan arus proses review atau penyuntingan artikel. Di samping proses review atau penyuntingan secara blind review dan open journal system, saat artikel pertama kali diterima akan diproses atau pemeriksaan/cek plagiarisem terlebih dahulu.      

Artikel dikirim secara elektronik ke:

 

Sekretariat Redaksi

Editors Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen

d/a. Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia Cabang Surabaya Koodinator Jawa Timur

Jl. M.H. Thamrin 12 Surabaya 60264

Telp. (031) 5683021 Fax. (031) 5676475

Website : www.jrem.iseisby.or.id

E-mail : iseisurabaya@yahoo.com, iseisurabaya@gmail.com

 

 

FORMAT PENULISAN

  1. Artikel diketik pada format kertas A4 (8.27” x 11,69”)
  2. Judul artikel dan identitas penulis (nama dan alamat email, dan/atau alamat surat) ditulis di bagian paling atas. Identitas penulis dicantumkan di bawah judul artikel. Judul artikel sebaiknya tidak lebih dari (15) lima belas  kata.
  3. Panjang artikel tidak lebih dari 7.000 kata atau 15-25 halaman berspasi 1 (satu), termasuk table dan gambar.
  4. Jenis huruf Times New Roman 12.
  5. Marjin atas, bawah, kiri, dan kanan lebih kurang 1 inci.
  6. Kutipan langsung yang panjang (lebih dari tiga setengah baris) diketik dengan jarak baris satu dengan indented style (bentuk berinden).
  7. Kutipan gambar atau rujukan harus menyebutkan sumber dan tahun. Format sumber kutipan atau rujukan, yaitu: Nama Penulis, Tahun, Judul Buku/Artikel, Nama Penerbit/Jurnal, halaman yang dikutip. Cara penulisan nama penulis yang karyanya dikutip konsisten dengan cara penulisan nama di daftar rujukan.
  8. Nama penulis dari Indonesia tidak perlu dibalik. Contoh Adi Sampurno, 2006.
  9. Minimal 80% dari rujukan yang digunakan berasal dari sumber yang terkini (diterbitkan tidak lebih dari 10 tahun sebelum karya ilmiah disampaikan ke Editor JREM).
  10. Mencantumkan nomor urut halaman di bagian bawah.
  11. Nomor dan judul tabel serta gambar di bagian atas tabel dan gambar, dicetak tebal. Judul tabel dan gambar diletakkan di bawah nomor tabel dan gambar.
  12. Mencantumkan sumber rujukan tabel dan gambar di bagian bawah tabel dan gambar 
  13. Melampirkan Curiculum Vitae (CV) penulis di lembar terpisah. CV memuat: alamat rumah dan institusi, nomor telepon yang dapat dihubungi dan nomor telepon institusi, riwayat pendidikan, beberapa judul karya ilmiah dan/atau penelitian terbaru yang telah dipublikasikan, bidang keahlian/minat penelitian, serta pengalaman kerja dan organisasi. 

 

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL 

 

Rerangka Artikel terdiri dari: (1) Judul, (2) Abstraksi (Bahasa Inggris dan Indonesia), (3) Pendahuluan, (4) Rerangka Teoritis yang dipakai dan hipotesis (jika ada), (5) Metode Penelitian, (6) Analisis Data dan Pembahasan, (7) Kesimpulan, Implikasi, Keterbatasan dan Saran, (8) Daftar Rujukan, dan (9) Lampiran. Penjelasan dari masing-masing sub dalam rerangka artikel adalah sebagai berikut:

 

Judul Artikel

Jumlah kata yang digunakan untuk judul artikel maksimum 15 (lima belas) kata. Judul menggambarkan isi artikel, dengan menggunakan kata, istilah, singkatan, rumus, jargon seperti yang digunakan pada judul laporan hasil penelitian, contoh kata: pengaruh, analisis, hubungan dan sejenisnya.

 

Abstraksi

  • Abstraksi (abstract) ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.
  • Bagian ini memuat ringkasan artikel dan berisi ide-ide pokok tulisan. Cakupan minimal yang termuat dalam abstraksi (abstract) adalah: permasalahan, tujuan penelitian, metode, temuan dan implikasi.
  • Disusun dalam satu (1) paragraph
  • Disajikan di bagian wawal artikel, justify, Times New Roman 12.
  • Jumlah kata antara 150-200 kata.
  • Ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang benar.
  • Menyebutkan 2-5 kata kunci (key words) di bawah paragraf abstraksi (abstract

 

 

 

Pendahuluan

Pendahuluan ditulis maksimum satu (1) halaman, berisi latar belakang, alasan penelitian, rumusan masalah, pernyataan tujuan penelitian. Penulisan di bagian ini tidak memakai sub judul (sub-heading) dan tidak menggunakan Bullets atau numbering.

 

Rerangka Teoritis dan Hipotesis (jika ada)

Bagian ini memuat kajian terhadap penelitian sebelumnya yang menjadi dasar penulisan penelitian.Kajian teoritis yang digunakan adalah sumber primer. Penggunaan sumber sekunder dan/atau buku teks tidak melebihi 20% dari total jumlah referensi. Jika ada kutipan maka kutipan maksimum satu (1) paragraf dan/atau disajikan berupa intisari berdasarkan penalaran penulis.

 

Metode Penelitian

Bagian ini memuat langkah peneliti dalam melakukan penelitian, mulai dari rerangka penelitian, lokasi serta periode penelitian penjelasan atau definisi operasional dari variabel-variabel penelitian, metoda pengambilan sampel serta periode sampel yang digunakan, teknis analisis. Penyajian dari masing-masing sub bab disajikan dalam bentuk paragraf-paragraf, meminimalkan bullet dan numbering, lengkap dan padat.

 

Analisis Data dan Pembahasan

Bagian ini memuat kajian keterkaitan antara hasil/temuan, teori serta hipotesis (jika ada) berdasarkan penalaran peneliti.Analisis data dan pembahasan disampaikan dengan padat dan jelas, serta bukan barisan tabel data.Tabel yang disajikan bukan berupa output oleh statistic, namun merupakan rangkuman hasil yang informative.Gambar dan Tabel diletakkan secara konsisten di bagian tengah halaman, diberi nomor dan judul di bagian atas.

 

Daftar Rujukan

Sumber primer memiliki nilai yang lebih tinggi.Sumber sekunder tidak boleh lebih dari 20%.Penulisan Daftar Rujukan mengacu pada Harvard Style.

 

Lampiran

Lampiran dapat berupa instrument penelitian, data pendukung, gambar dan sebagainya yang mendukung kelengkapan artikel dan memudahkan pembaca untuk memahami isi tulisan.

 

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.