PROSES ADOPSI INOVASI DALAM PROSES BELAJAR ENTREPRENEURSHIP

Liliani Liliani, Helena Sidharta

Abstract


Entrepreneurship memiliki hubungan yang erat dengan inovasi, karena seorang entrepreneur harus memiliki visi masa depan, pemikiran yang inovatif serta mampu mengetahui peluang dan menciptakan nilai. Salah satu upaya pengembangan entrepreneurship yang lebih intensif adalah melalui pendidikan formal. Penelitian ini akan membahas proses adopsi inovasi yang terjadi dalam proses belajar entrepreneurship di pendidikan formal. Proses adopsi inovasi yang merupakan proses menciptakan perubahan individu atau organisasi untuk meningkatkan efektifitas kinerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui studi kasus pada mahasiswa program studi International Business Management Universitas Ciputra. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam proses adopsi inovasi mahasiswa memulai dengan memunculkan berbagai ide secara terbuka, menyaring ide tersebut berdasarkan tantangan dan hambatan yang mungkin dihadapi, menerima masukan dari pihak lain untuk menyempurnakan inovasi mereka dan mau melakukan inovasi yang berkelanjutan. Dari penelitian ini terlihat faktor internal yaitu kesadaran dalam mengambil resiko dan eksternal yaitu market network berpengaruh terhadap keputusan yang mereka perbuat. Faktor fasilitator dan target juga berperan dalam mengarahkan proses adopsi inovasi mahasiswa.

Keywords


Entrepreneurship, innovation, adoption, education, learning process

Full Text:

PDF

References


Baregheh, Anahita, Rowley, Jennifer, & Sambrook, Sally. (2009). Towards a multidisciplinary definition of innovation. Management Decision, 47(8), 1323-1339.

Damanpour, Fariborz, & Schneider, Marguerite. (2006). Phases of the adoption of innovation in organizations: Effects of environment, organization and top Managers1. British Journal of Management, 17(3), 215-236.

Denning, Peter J, & Dunham, Robert. (2010). The innovator's way: Essential practices for successful innovation: MIT Press.

Drucker, Peter. (2014). Innovation and entrepreneurship: Routledge.

Dudin, Mihail Nikolaevich, Ljasnikov, Nikolaj Vasil'evich, Omel'chenko, Evgenij Vital'evich, & Shirokovskih, Sergej Aleksandrovich. (2013). Methodological approaches to classification of innovation potential in the context of steady development of entrepreneurial structures. World Applied Sciences Journal, 27(13A), 563-566.

Kuratko, Donald F. (2005). The emergence of entrepreneurship education: development, trends, and challenges. Entrepreneurship Theory and Practice, 29(5), 577-598.

Lestary, E. (2009). Adopsi Inovasi sebagai Faktor yang Berperan dalam Perubahan Sosial.

M’Power Universitas Surakarta, 9(9).

Liaoe, Meike EL., & Liliani. (2013). The Myth of Entrepreneurship Among Students: a Case Study in Entrepreneurship Higher Education Paper presented at the The 13th Annual SEAAIR Conference, Yogyakarta, Indonesia.

Massa, Silvia, & Testa, Stefania. (2008). Innovation and SMEs: Misaligned perspectives and goals among entrepreneurs, academics, and policy makers. Technovation, 28(7), 393- 407.

Zhu, Kevin, Kraemer, Kenneth L, & Xu, Sean. (2006). The process of innovation assimilation by firms in different countries: a technology diffusion perspective on e- business. Management science, 52(10), 1557-1576.




DOI: http://dx.doi.org/10.17970/jrem.17.170109.ID

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Riset Ekonomi dan Manajemen

ISSN : 1412-1824
E-ISSN : 2443-1265



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.